Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Tuesday 22 September 2009

PEDOMAN PERUBAHAN EJAAN BAHASA BALI DENGAN HURUF LATIN DAN HURUF BALI : Purwaka

PURWAKA

Ejaan Bahasa Bali Dengan Huruf Latin dan Huruf Bali ini kami susun dalam rangkaian Pekan Bahasa tanggal 28 Oktober 1971, yakni pada hari "Sumpah Pemuda", yang diadakan oleh Lembaga Bahasa Nasional Cabang l Singaraja.

Adapun bahan-bahannya kami ambil berkisar pada hasil keputusan Pasamuhan Agung Bahasa Bali tahun 1963 di Denpasar dan ditambah lagi dengan beberapa keterangan di mana perlu. Di samping itu kami tak lupa mengambil pedoman tambahan dari buku-buku yang telah keluar, yang juga berdasarkan hasil keputusan Pasamuhan Agung Kecil Bahasa Bali tahun 1963. oleh rekan- rekan kami, yaitu berupa buku : Wyãkãrana Bhãsa Aksara Bali, oleh l Wayan Simpen AB, dan buku : Pedoman Guru Pasang Sastra Bali Latin Jilid l oleh l Made Riken, sebab kami tahu beliau itu adalah Notulis dalam Pasamuhan Agung Kecil Bahasa Bali tahun 1963, di samping beliau tersebut di antaranya ajak kami bekerja sama sebagai anggota panitia Bahasa Bali Propinsi Bali pada waktu itu.

Harapan kami mudah-mudahan dengan adanya ceramah- ceramah yang kami adakan atas nama Lembaga Bahasa Nasional Cabang I Singaraja ini, hasil keputusan Pasamuhan Agung Bahasa Bali tahun 1957 dan 1963, yang diadakan oleh pemerintah Daerah Propinsi Bali ini meluas adanya di kalangan masyarakat, terutama di sekolah-sekolah. Perlu kami jelaskan bahwa penulisan Bahasa Bali dengan huruf Latin, kini kami sesuaikan dengan "Ejaan Bahasa Daerah Bali Yang Disempurnakan" sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 18 Maret 1974 nomor 070/U/1974.

Akhir kata, tak lupa kami mohon doa restu dari Saudara sekalian, mudah-mudahan Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan. Yang Maha Esa melimpahkan kurnia-Nya, sehingga apa yang men, jadi cita- cita kita bersama tercapai hendaknya.

Terima kasih.


Singaraja, 16 Oktober 1976

Penyusun,
ttd.
( l N TINGGEN )


sumber: http://www.babadbali.com/aksarabali/books/ppebb/pp-set.htm

No comments:

Post a Comment