Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Tuesday 22 September 2009

Kamus Bahasa Bali-Indonesia-Inggris Diterbitkan di Singapura

Selasa, 30 Oktober 2007 20:17
Kapanlagi.com - Kamus "Tri Bahasa" yakni Bahasa Bali, Indonesia, Inggris, yang dihimpun guru besar bidang bahasa Fakultas Sastra Universitas Udayana Denpasar, I Gusti Made Sutjaja, segera diterbitkan oleh Periplus di Singapura.

"Saya sudah teken kontrak dengan penerbit Periplus. Penerbitan kamus itu akan memudahkan kalangan internasional memahami bahasa dan budaya Bali," katanya seusai diskusi penerbitan buku di RRI Denpasar, Selasa.

Pada diskusi yang diselenggarakan Forum Bahasa Media Massa (FBMM) menghadirkan penerbit CV Solusi dari Yogyakarta itu, Made Sutjaja sempat mengungkapkan kecurangan-kecurangan pihak penerbit yang sering merugikan penulis buku.

"Masih ada saja penerbit yang kurang transparan. Apalagi terhadap penulis pemula yang belum banyak mengetahui seluk-beluk penerbitan buku dan hak-hak yang bisa diperoleh," katanya.

Ia berharap pembuatan kamus tiga bahasa yang akan diterbitkan Periplus, tidak akan terjadi kecurangan. "Periplus memiliki reputasi internasional. Pendistribusian bukunya juga akan lebih luas ke berbagai negara," ucapnya.

Namun ia belum bersedia menyebutkan, kapan penerbitan kamus tri bahasa tersebut diluncurkan dan jumlah tiras pada edisi pertama nanti. "Biar penerbit nanti yang menjelaskan soal itu," ucapnya.

Made Sutjaja yang telah menerbitkan sedikitnya 16 buku, termasuk kamus Bahasa Bali-Indonesia yang diterbitkan Percetakan Universitas Udayana, juga tidak bersedia mengungkapkan royalti yang akan didapat dari penerbitan kamus "tri bahasa" tersebut.

Ia berharap penerbitan kamus tiga bahasa tersebut juga akan lebih mempopulerkan Bahasa Bali, sehingga akan semakin menunjang keberadaan Pulau Dewata sebagai tujuan wisata internasional. (*/rsd)

sumber: http://www.kapanlagi.com/h/0000197242.html

2 comments:

  1. Sayang belum ada software kamus bali ya..ada yang mau share??

    ReplyDelete
  2. untuk software konon akan dirilis oleh linguadicta
    http://w3.linguadicta.it.cx

    ReplyDelete